Selasa, 18 Oktober 2016

Macam-macam Jaringan Komputer dan manfaatnya

Assalammuallaukum wr wb.
Selamat malam sahabat indahnya berbagi, maaf sebelumnya baru posting lg karna faktor kesibukan hehehe sok sibuk, pada malam hari ini kita akan membahas tentang macam - macam jaringan komputer dan manfaatnya , Bagi anda yang selalu terbiasa dengan komputer mungkin sudah tidak asing lagi dengan jaringan komputer, tetapi bila anda yang baru dan mungkin belum mengenal jaringan komputer kali ini kita akan membahas sedikit mengenai jaringan komputer, macam- macam jaringan dan manfaatnya.
Jaringan komputer
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer.
Istilah jaringan komputer sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung.
Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah agar informasi/ data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat.
Macam - macam jaringan Komputer
1. LAN
Local Area Network atau yang sering disingkat dengan LAN merupakan jaringan yang hanya mencakup wilayah kecil saja, semisal warnet, kantor, atau sekolah. Umumnya jaringan LAN luas areanya tidak jauh dari 1 km persegi.
Biasanya jaringan LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang mempunyai kecepatan transfer data sekitar 10, 100, bahkan 1000 MB/s.
Selain menggunakan teknologi Ethernet, tak sedikit juga yang menggunakan teknologi nirkabel seperti Wi-fi untuk jaringan LAN.

2. MAN
Metropolitan Area Network atau MAN merupakan jaringan yang mencakup suatu kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang tinggi. Bisa dibilang, jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN.
Jangakauan dari jaringan MAN berkisar 10-50 km. MAN hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berfungsi membuat rancangan menjadi lebih simple.

3. WAN (Wide Area Network)
Jaringan WAN yakni jaringan komputer yang memiliki jangkauan antarbenua, dengan melewati batas geografis negara dan milik umum.

4. Internet (Interconnected Network)
Internet yaitu jaringan komputer yang memiliki jangkauan hingga seluruh pelosok di dunia ini. Seringkali dimanfaatkan untuk berbagi informasi secara global meliputi pendidikan, hiburan, teknologi, dan lain sebagainya.

5. Wireless
Jaringan ini merupakan yang paling praktis karena tidak membutuhkan kabel. Di mana di dalam pengoperasiannya hanya mengandalkan teknologi radio (frekuensi). Disebut juga jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) atau Wi-Fi.

Manfaat Jaringan Komputer

  • bisa mengakses file yang telah disebarluaskan, contohnya melalui internet
  • proses pengiriman data secara cepat dan efisien.
  • memudahkan berkomunikasi dengan banyak orang walaupun dengan jarak yang sangat jauh.
  • dapat mengirim teks, gambar, audio, maupun video secara real time dengan bantuan jaringan komputer.
  • Kita dapat mengakses berita atau informasi dengan sangat mudah melalui internet dikarenakan internet merupakan salah satu contoh jaringan komputer.
  • mempermudah pekerjaan, diperusahaan contohnya anda dapat mengirim file satu sama lain dan bahkan bisa mencetak file  dari tempat kerja ke printer walaupun berbeda ruangan
ok sekian dulu pembahasan mengenai macam - macam jaringan dan manfaatnya, semoga bermanfaat dan terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar