Sabtu, 01 Oktober 2016

tips menghemat baterai pada smartphone

Assallammuallakum wr wb
Teman-teman yang sedang menggunakan smartphone,
mungkin sering mengeluhkan tentang baterai yang cepat habis, baru di cas sudah mulai habis lagi. Sangat wajar mengingat didalam smartphone itu sendiri banyak sekali fitur-fitur yang selalu berjalan, belum lagi saat pamakaian aplikasi yang semua nya dalam keadaan aktif. nah kali ini kita akan membahas bagaimana c agar baterai smartphone kita tidak mudah habis saat pemakaian dan bisa bertahan lama. berikut tips nya.

1. Atur kecerahan layar
Kecerahan layar pada Android sangat mempengaruhi efektifitas dalam penggunaan baterai. Layar dengan tingkat kecerahan tinggi sangat mempengaruhi penggunaan baterai. Untuk itu ketika anda membutuhkan baterai dengan daya tahan yang lama anda dapat mengubah tingkat kecerahan layar menjadi tidak terlalu terang. Sedangkan untuk menambah waktu stand by ponsel Android layar dirubah menjadi redup saja yang kebutuhan dayanya tidak besar. dengan mengatur tingkat kecerahan layar ini adalah hal yang harus diperhatikan jika anda memang menginginkan baterai anda tahan lama.
2.Percepat waktu stand by atau waktu tidur
Ubahlah setingan waktu tidur pada smartphone anda , dengan mempercepat waktu tidur smartphone anda maka layar akan berhenti menyala, logikanya jika semakiin lama layar menyala maka semakin menguras baterai bukan. untuk itu seting dan percepat waktu stand by atau waktu tidur smartphone anda.
3.Matikan getaran
Salah satu penguras daya baterai lainya adalah sistem getaran yang ada pada android.
Jika sobat berfikir bahwa mematikan getaran (vibrate) tidak berpengaruh untuk menghemat baterai android, maka sobat salah besar. Karena motor elektrik yang digunakan untuk menggerakkan getaran akan menguras energi yang besar pada baterai android.
Semakin sering digunakan maka semakin banyak pula energi yang terbuang.
Untuk itu jika ingin menghemat baterai android, matikan saja sistem getar di android kita. Baik saat ada telephone masuk, SMS,
4.Gunakan walpaper yang berwarna gelap
Cara menghemat baterai android dengan memakai wallpaper gelap seperti hitam dampaknya akan sangat baik jika di gunakan oleh android yang memiliki tehnologi layar AMOLED.
Karena layar AMOLED hanya menerangi bagian layar yang berwarna saja.
AMOLED  (Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode) Sesuai namanya, layar amoled terdiri dari bahan organik yang akan menghasilkan cahaya ketika ada aliran arus listrik.
Nah jika memakai wallpaper hitam, maka layar akan terlihat gelap sehingga daya baterai yang dipakai  akan lebih sedikit untuk menerangi layar yang gelap tersebut.

semoga informasi yang saya berikan bermanfaat untuk anda , sekian dan terima kasih.


2 komentar:

  1. Kebetulan sekali inih batre smatpret saya boros hemm mudah mudahan selepas pakek tips di atas hp saya bisa lebih hemat batre

    BalasHapus
  2. semoga bermanfaat buat smatpret anda hehehe

    BalasHapus