Selasa, 11 Oktober 2016

domain dan hosting adalah

Assalamuallaikum wr wb
Selamat malam sahabat indahnya berbagi, kali ini saya akan membahas mengenai domain dan hosting. bagi temen-temen yang sedang belajar pemograman web atau yang sering ngeblog tentunya sudah tidak asing dengan istilah domain dan hosting. sedikit mengulans saja nih bagi yang belum tahu mengenai domain dan hosting, saya akan memberikan sedikit penjelalasan mengenai domain dan hosting tersebut.
1. domain
Arti domain adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat server komputer. Pada awalnya alamat server komputer ini dilambangkan dengan deretan angka yang disebut alamat IP. Namun karena penggunaan alamat IP dirasa kurang praktis maka dibuatlah domain untuk menggantikan deretan alamat IP tersebut.
Fungsi domain yang utama adalah agar pengguna tidak perlu menghafal deretan alamat IP suatu website, melainkan cukup mengetikkan alamat domain website tersebut. Domain saat ini lebih akrab dikenal orang-orang sebagai alamat website atau yang kadang juga disebut sebagai alamat URL.
Di awal penggunaannya, domain hanya bisa dituliskan menggunakan abjad Latin. Namun kini seiring berkembangnya jaman, domain juga bisa dituliskan menggunakan abjad asing.
Nama domain haruslah membentuk sebuah kata dan diakhiri dengan ekstensi. Beberapa contoh populer dari ekstensi tersebut adalah .com, .net, .org.
Ada pula domain yang mewakili asal negara website tersebut seperti .id untuk Indonesia, .uk untuk Inggris dan .us untuk Amerika Serikat.

2. Hosting
Hosting atau sering orang menyebutnya webhosting merupakan tempat penyimpanan sejumlah data online yang didalamnya terdapat berbagai macam format seperti gambar, text maupun video yang nantinya semua informasi tersebut bisa di akses atau dikunjungi oleh banyak orang. Secara ringkas bisa dibilang sejumlah database sebuah domain disimpan didalam hosting. Bisa di ibaratkan seperti data file dan harddisk pada sebuah komputer, dimana data file nya itu adalah domain dan harddisknya adalah hosting. Contoh salah satu hosting ialah pasarhosting.com ataupun dapur hosting.com.

semoga bermanfaat dan terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar