Senin, 26 September 2016

tips membeli lapton second untuk pemula

Assalallmualaikum wr wb.
Terima kasih temen-temen sudah berkunjung di Indahnya Berbagi. Kali ini saya akan memberikan tips kepada anda yang akan membeli laptop second.
Sering kali kita sering bingung ketika ingin membeli laptop apalagi kalau kita akan membeli laptop second perasaan takut kalau kita kena tipu sipenjual nakal yang memberikan laptop yang sudah dalam kondisi yang kurang baik atau mungkin ada kerusakan yang mungkin tidak kita sadari. Tetapi jangan khawatir karna kali ini kita akan mengetahui bagaimana c memeriksa laptop second yang masih dalam kondisi baik, agar kita tidak tertipu saat membeli.

  1. Pastikan kondisi fisik nya terlebih dahulu, minimal kita akan mendapatkan kesan positif dengan melihat fisik dari laptop yang masih mulus secara logika perawatan dari pemilik laptopnya cukup bagus. bayangkan jika laptop yang akan kita beli dalam kondisi yang kurang bagus, lecet, goresan disana-sini jangankan ingin beli melihatnya aja udah males. kebayang dong bagaimana pengguna sebelumnya menggunakan laptop tersebut.
  2. perhatikan layar lcd nya. banyak yang hanya mencoba laptop tanpa memperhatikan layar lcd nya masih bagus atau ada masalah, contohnya seperti dot pixel.  dan untuk mengetahui layar lcd masih bagus atau tidaknya saya sarankan ganti walpaper agar terlihat apakah ada masalah atau tidak. ganti walpaper dengan warna putih apakah ada warna lainnya. begitu juga sebaliknya ganti dengan warna hitam,, sebab bukan tidak mungkin sipenjual sudah mengetahui ada masalah pada lcd nya dan sengaja mengganti warna walpaper pada laptop tersebut.  
  3. pengecekan komponen,,mengecek fungsi – fungsi dari komponen – komponen ataupun peripheral dari laptop bekas yang akan kita beli sangat wajib. Misalnya kita cek pada bagian port USB apakah semua port masih berfungsi, kemudian cek juga DVD – ROM, keyboard, webcam, dan juga kondisi dari speakernya.
  4. Pastikan kondisi baterai ,, ketika kita sedang mencoba laptop tersebut perhatikan baterainya, apakah baterai tersebut mengalami penurunan yang wajar atau justru extrem,
  5. cek harga pasaran, sebelum membeli laptop second cek dulu deh harga pasarannya berapa bisa dengan cari di internet atau menanyakan kepada teman
  6. minta garansi kepada c penjual ,,kalau bisa minta perjajian kepada c penjual seperti garansi dalam beberapa hari sebab kadang ketika diperiksa c oke tetapi tidak lama setelah laptop jadi dibeli mulai muncul masalah-masalah   yang sebelumnya tidak ada.

mungkin seperti itu lah tips membeli laptop second, ya namanya juga second tidak akan sesempurna laptop yang baru,,tetapi minimal kita bisa mengantisifasinya dan baiknya. Tambahan saran dari saya belilah laptop second kepada orang yang sudah anda kenal atau si penjual nya memang terkenal jujur dan selalu memberikan barang yang bagus untuk konsumennya.

sekian dulu tips dari saya semoga bermanfaat...

2 komentar: